Selasa, 15 Maret 2016

HAFIZH UTSMAN


HAFIZH UTSMAN
            Hafizh Utsman bernama asli Utsman ibn Ali,lahir di Asitanah, Istanbul, tahun 1052 H / 1642 M. Sejak masa mudanya Ia telah hafal al-Qur'an yang karena itu orang menjulukinya al-Hafizh (orang yang hafal al-Qur'an). Ia sendiri suka menulis di akhir karyanya secara lengkap : al-Hafizh al-Qur'an.
            seperti tampak pada kaligrafer lain periode Utsmaniyah, Hafizh menekuni gaya Tsuluts dan Naskhi. kejeniusannya menulis dua gaya ini tampak pada karyanya, Hilyah (sebuah Deskripsi tentang Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wasallam), tahun 1691-1692 M.
            Para sejarawan dan kaligrafer setelahnya menjulukinya sebagai Ustadz al-kull (guru keseluruhan). 
Ia juga di juluki sebagai "Syaikh Hamdullah ketiga", setelah gurunya Darwisy Ali (wafat 1086 H). sebagai Ranking kedua.
            Hafizh menulis enam hari dalam semminggu, dan istirahat hari jum'at. Diriwayatkan bahwa Hafizh mengkhususkan hari  Ahad untuk menajar kaligrafi secara gratis kepada orang-orang yang tidak mampu, sementara hari rabu Ia mengajar orang-orang kaya. Ia menulis 25 mushaf al-Qur'an dan inskripsi-inskripsi lain yang tersebar dimana-mana. sebagian mushaf dan karya-karya kaligrafinya kini tersimpan di Universitas  Aya Sofia , perpustakaann Universitas Nur Utsmaniyah dan  perpustakaan Nuruddin Bek Musthafa ,Kairo.
           Hafizh terpilih menjadi guru kaligrafi dua Sultan Utsmaniyah, yakni Ahmad Khan II ( 1691-1695 M) dan Musthafa Khan ( 1695-1703 M)'
          Ia meninggal ketika Shalat Isya' tahun 1110 H / 1698 M.
          berikut ini adalah beberapa  maha karya Hafizh Usman  ;

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar