Minggu, 13 Maret 2016

IBNU BAWWAB


IBNU  BAWWAB
           Ibnu Bawwab , yang nama lengkapnya adalah Abu al-Hasan Ali ibn Hilal adalah anak seorang penjaga pintu Istana Baghdad. ( Bawwab berarti penjaga pintu ) . Ia juga dikenal sebagai seorang al-sitri . penulis kaligrafi ini hafal Al-Qur'an dan menulis 64 mushaf .  salah satunya (yang di tulis dengan ggaya Raihani ) disimpan di masjid Leleli di Istanbul. Ia penemu dan pengembamg gaya tulisan Raihani dan Muhaqqaq.
           All-Bawwab yang berhasil membentuk mazhab kaligrafi di baghdad, meningggal tahun 1022 M dan    dimakamkan di dekat makam Imam Ahmad ibn  Hanbbal, Tidak diketahui tahun kelahirannya.
            Pada masa mudanya, Ibnu Bawwab  belajar kaligrafi pada Mmuhammmad ibn Asad , kemudian  Muhammad ibn al-Simsimani ,murid ibnu Muqlah.Dalam karir kaligrafinya Ia lebih dikenal sebagai penerus dan pengembang prestasi Ibnu Muqlah. Dialah yang menambah makna pekerjaan yang telah dirintis pendahulunya itu . 
            Bentuk baru yang penuh keindahan ini kemudian dikenal dengan al-Manshub al-Fa'iq ( huruf standar yang indah). meski Ibnu Bawwab pada mulanya dikenal sebagai dekorator rumah (house painter)  dan Ilustrator buku , namun Ia menonjol mengembangkan dan mempercantik keenam gaya tulisan yang ada pada saat itu (al-Aqlam al-Sittah). perhatiannya terutama dicurahkan pada Naskhi dan Muhaqqaq, yang secara ideal selaras dengan kejeniusannya. 
           Ibnu Bawwab mendirikan madrasah kaligrafi yang di kenal sampai masa Yaqut al-Musta'shimi.
          meskipun Ia banyak berkarya ,namun kini hanya ada beberapa yang dapat terdokumentasi . dua halaman al-Qur'annya berukuran 17,5 x 13,5cm bbertahun 1001M kini tersimpan di perpustakaan Chester Beatty , Dublin , Irlandia .
             berikut ini adalah beberapa karya besar Ibnu Bawwab :






Tidak ada komentar:

Posting Komentar