Minggu, 13 Maret 2016

YAQUT AL-MUSTA'SHIMI


YAQUT AL-MUSTA'SHIMI
            Ia adalah al-Syaikh jamaluddin al-Musta'shimi al--Thawashyi al-baghdadi (wafat  698 H/1298 M) , seorang kepala perpustakaan " al-Mustansyiriyah" di Baghdad , Dalam riwayat lain Ia disebutkan bernama lengkap Abu Durr Amin al-Din Yaqut Muata'shimi ibn Abdillah, yang memiliki julukan Jamaluddin, dengan panggilan Abu Durr atau Abu al-Majid.
          Menurut Encyclopedia of Arabic Civilization, Yaqut keturunan suatu keluarga Yunani dari Amasia (Turki Utara) yang dijual sebagai budak ke baghdad. Ia kemudian dimerdekakan oleh Khalifah al-Musta'shim Billah (1242-1258M) . khalifah terakhir Dinasti Abbasiyyah. Sang Khalifah menambahkan " Al--Musta'shimi" pada namanya. 
         Disamping sebagai kaligrafer (yang kedudukannya setara dengan Ibnu  Muqlah) Ia juga dikenal sebagai penyair dan sastrawan.
          Yaqut mengembangkan metode baru dalam sistem penulisan  huruf Arab, di samping menciptakan gaya tulisan baru yang kemudian setelah wafatnya di sebut Yaquti (Ala Yaqut).gaya ini dipandang mengungguli semua gaya lain.
          Dalam tata cara penulisan , Yaqut mempelopori penulisan dengan potongan bambu miring, yang memberikan efek kelembutan dan keindahan lebih sempurna,.Lewat kejeniusannya , gaya tsulutsi berkembang menjadi  bentuk Ornamental, kaya akan hiasan-hiasan. 
         berikut ini adalah tulisan maha karya Yaqut al-Musta'shimi :

















































2 komentar:

  1. Balasan
    1. waalaikumsalam mas khalid..selamat menjadi teman baru kami..ohya untuk qalam di tunggu sj mas...

      Hapus